Pages

Two Days

20.6.13

#np Electric Shock -- f(x)



2 hari ini, aku mengikuti serangkain tes dari Holcim untuk posisi GDP aka Graduate Development Program Batch 9. Sekedar informasi – mengutip perkataan tim rekrutmen dari Holcim – jumlah SDM yang akan diterima hanya berkisar 20an dan Jogja merupakan kota pertama dari 4 kota yang mereka kunjungi untuk mencari “darah-darah segar”. Kebayangkan? Aku mesti menyikirkan beratus-ratus orang untuk bisa masuk ke dalam list 20 orang itu.


First day – June 19, 2013

Holcim menjadwalkan acara pembukaan pukul 07.30 pagi di Auditorium Magister Manajemen UGM. Aku sampai di tempat tujuan sekitar jam 7 lewat dan bertemu dengan wajah-wajah yang aku kenal. Yak mereka adalah teman-teman seangkatanku. Seneng rasanya mengikuti test bersama orang yang dikenal karena aku nggak ngerasa sendirian.

Acaranya ngaret! Registrasi baru dimulai sekitar jam 8 dan ini itu acara pun baru dimulai jam 9. Rangkaian rekrutmen Holcim ini dimulai dengan perkenalan apa dan siapa sih Holcim ini yang kemudian dilanjutkan dengan presentasi mengenai program GDP.

Psikotest Test sendiri baru dimulai sekitar jam 11. Soalnya nggak terlalu banyak dan hanya terbagi menjadi 3 bagian; kemampuan verbal, numerik, dan kesesuain gambar. Psikotest Test akan langsung dinilai dan menjadi penentu apakah kita lanjut ke test selanjutnya, yaitu TOEIC based test.

Setelah isoma selama 1 jam, rangkaian rekrutmen dilanjutkan dengan Personality Test; Warteg test, Draw a Person Test, dan Draw a Tree Test. Aku hanya berlatih untuk Warteg ja sehingga gambar manusia dan terlebih gambar pohonku ga karuan. Personality Test ga dinilai berbarengan Psikotest Test tapi ini akan menjadi bahan untuk interview selajutnya.

Hasil Psikotest Test baru keluar jam 4 kurang dan alhamdulilah namaku tertera di sana. Saat itu langsung dilanjutkan untuk TOEIC yang hasilnya juga akan diumumkan pada hari itu. Sekitar magrib barulah hasil tesnya keluar. Aaaaaaa dan alhamdulillah aku lolos dan lanjut ke test selanjutnya... :D


Second Day -- June 20, 2013

Beruntungnya memiliki nama yang dimulai ‘A’ sehingga aku ga terlalu lama menunggu giliranku. Oh ya pada hari kedua ini, tesnya meliputi FGD dan interview HR. Berkat huruf A, aku kebagian jadwal jam 08.00. Dan lagi-lagi tesnya molorrrr. Aku baru masuk ruangan untuk FGD jam setengah sembilan. Mau tahu soal FGD-nya? Hahaha tanya saja pada Tante Google karena case yang aku dapatkan sama persis dengan yang aku dapatkan dari si Google J Hasil dari FGD ini sekitar satu jam setelahnya dan alhamdulillah Allah masih memberiku kesempatan untuk lolos lagi.. ;))

Aku kebagian jadwal untuk interview jam 13.00. Pertanyaan yang diajukan hanya seputar pengalaman berorganisasi dan menjadi asisten lab. Aku nggak inget berapa lama aku “diinterogasi”, padahal niatnya udah mau ngitung berapa lama. Aku udah liat dan mengingat-ingat jam berapa dimulai tapi aku justru lupa ngeliat jam ketika wawancaranya dinyatakan udah selesai hahaha.. ingatanku memang payah nih..


Bismillah.. semoga interview HR-nya bisa lolos juga. Aamiin Ya Allah.
Setelah ini, jika lolos masih ada interview user, presentasi di depan BOD, dan terakhir MCU.
Perjalanan masih panjang.
Pasrah terhadap keputusan dari Holcim dan tetap berdoa.
Menyakini bahwa apapun hasilnya, itulah yang terbaik yang diberikan oleh Allah.
Semangatttt!!! J




#np Nearly Witches (Ever Since We Met) – Panic At The Disco

2 komentar

  1. Mbak mau nanya, maksudnya 20 orang itu dari UGM aja apa keseluruhan 4 universitas ? Thx

    BalasHapus
  2. dear anonim

    berdasarkan keterangan dari pihak holcim ketika presentasi saat itu, 20 orang itu dari 4 kota, tidak hanya diambil dari UGM semua..

    semoga dapat menjawab pertanyaannya :))

    BalasHapus

 

Populer Post