Pages

Negeri 5 Menara (1)

11.12.09


Judul : Negeri 5 Menara
Penulis: A. Fuadi
Jenis : Fiksi

Negeri 5 Menara adalah buku pertama dari sebuah trilogi. Negeri 5 Menara kurang lebih menceritakan tentang kehidupan sekolah dengan metode pesantern.
Tokoh utama dari Negeri 5 Menara adalah seorang laki-laki yang berasal dari Sumbar, Maninjau, yaitu Alif. Alif mempunyai keinginan untuk tidak melanjutkan sekolah agama, ia ingin mendaftarkan diri masuk SMA. Tapi apa daya, Ibunya tidak menyetujui keinginan Alif. Ibunya menginginkan Alif masuk ke madrasah agar besarnya nanti Alif dapat menjadi seperti Buya Hamka.
Di tengah kegalauan hatinya, Pamannya Alif menyarankan agar Alif melanjutkan sekolah ke salah satu pesantren yang terdapat di Jawa Timur, yaitu Pondok Madani (PM). Bagaimanapun juga Alif harus tetap memilih. Dengan setengah hati, Alif pun memutuskan untuk berkolah di PM.
Kehidupan Alif di PM dimulai dengan kegundahan hati. Ia bertanya-tanya pada dirinya sendiri apakah yang telah ia pilih adalah keputusan yang terbaik atau malah sebaliknya. Seiring waktu berjalan, Alif memiliki 5 orng sahabat, yaitu Said dari Surabaya, Raja dari Medan, Dulmajid dari Madura, Atang dari Bandung, dan Baso dari Sulawesi. Ada satu rutinitas yang mereka lakukan saat menunggu waktu Magrib, yaitu duduk2 sembari bersantai di bawah menara yang ada di PM karena itulah mereka menyebut diri mereka sebagai Sahibul Menara atau orang yang punya menara. Bahkan mereka memiliki sandi untuk tiap orang, antara lain Said sebagai Menara 1, Raja Menara 2, Alif Menara 3, Atang Menara 4, Dulmajid Menara 5, dan Baso Menara 6.
4 tahun pendidikan di PM mereka jalani bersama-sama tapi tidak dengan Baso. Di akhir tahun sebelum ujian akhir, Baso memilih pulang ke kampungnya. Ini ia lakukan demi baktinya terhadap keluarganya. Setelah lulus dari PM, mereka pulang ke daerahnya masing-masing. 11 tahun berjalan dan akhirnya diantara mereka saling bertemu di tempat yang tidak pernah mereka duga sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Populer Post